BLKI Semarang

Balai Latihan Kerja Industri - Vocational Training Center of Industry | Tempat Pelatihan | Sertifikasi | Penempatan

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Kunjungan Menakertrans RI TH 2010!
Kunjungan Kerja Menakertrans RI di BLKI Semarang'2010
Kunjungan Kerja Menakertrans RI di BLKI Semarang'2010

BLKI Semarang Mengucapkan :

Pengunjung yg Kompeten

Online Support

Daftar Isi

Daftar Isi Posting BLKI Semarang

Bergabunglah di :

Bergabunglah Bersama Kami banner02 banner02 banner02 banner02 banner02 banner02

Thumbnail Recent Post

BLKI Semarang Mengucapkan :

ISO 9001 versi 2008

ISO 9001 versi 2008

Ayo Kita Dukung INDONESIA Sebagai Tuan Rumah ASEAN Skills Competition 2012

Chat & Sharing

Kejuruan Listrik - Elektronika

Instalasi Tenaga , Instalasi Penerangan, PLC-Pneumatik, Listrik Industri, Elektronika Industri, Sistem Proteksi, Rewinding, T. Pendingin, Teknisi Handphone

Kejuruan Tata Niaga - Aneka Kejuruan

Tata Niaga : Sekretaris, Tata Niaga, Bahasa Inggris, Administrasi Perkantoran --- Aneka Kejuruan : Menjahit, Membordir

Kejuruan Tek Mek Logam - Kejuruan Tek Mek Las

Tek Mek Logam : Mesin Bubut, Mesin Frais, CNC, Auto Cad, CAD CAM --- Tek Mek Las : Plasma Cutting, SMAW, OAW, GMAW

Kejuruan Teknik Otomotif

Mobil Bensin, Mobil Diesel, Sepeda Motor 2 Tak - 4 Tak

Kejuruan Teknik Informatika - Kejuruan Bangunan

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

4/12/2012

Tuan Rumah Asean Skills Competition ke-9, Indonesia Targetkan Jadi Juara Umum

.

Tuan Rumah Asean Skills Competition ke-9, Indonesia Targetkan Jadi Juara Umum


Kontingen Indonesia menargetkan menjadi juara umum dalam ASEAN Skills Competition (ASC) ke – 9 tahun 2012 yang rencananya bakal diselenggarakan pada bulan November 2012 di Jakarta.

ASC merupakan kompetisi sekaligus arena unjuk kebolehan terhadap penguasaan kompetensi keterampilan kerja berbagai bidang kejuruan oleh para tenaga kerja muda di negara-negara anggota ASEAN yang terdiri dari Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja Saat pelaksanaan ASC ke-8 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 14-24 November 2010 lalu, Kontingan Indonesia meraih juara ke-2 dengan 8 Emas, 2 Perak, 7 Perunggu dan 13 sertifikat diploma.

Medali emas diraih dari kejuruan industrial electonic, bricklaying, cabinet making, joinery, Fashion technology, Grapich designm tech, automotion production tech.

Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan penyelenggaraan ASEAN Skills Competition merupakan salah satu upaya peningkatan standar kompetensi kerja ASEAN di berbagai bidang kejuruan sehingga citra, kualitas dan posisi tawar tenaga kerja negara anggota ASEAN di dunia internasional semakin diperhitungkan.

”Penyelenggaraan ASC ini mendukung pengembangan sumber daya manusia khususnya tenaga kerja muda khususnya diIndonesia untuk mencapai kompetensi sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pasar kerja global, ”kata Menakertans Muhaimin Iskandar saat membuka First Technical Committe Meeting of 9th Asean Skills Competition di Jakarta pada Selasa (10/4) Muhaimin mengatakan kerja sama peningkatan kompetensi keterampilan kerja di antara negara-negara ASEAN sebenarnya sudah terlaksana, namum diperlukan adanya percepatan implementasi pelatihan kerja bersama yang berpedoman pada standar kompetensi kerja yang diakui dunia internasioanl “Peningkatan standar kompetensi kerja menjadi keharusan agar tenaga kerja negara-negara ASEAN Umumnya dan tenaga kerja Indonesia khususnya dapat bersaing dengan pekerja di luar negeri maupun pekerja asing di dalam negeri, kata Muhaimin.

Muhaimin berharap dalam penyelenggaraan ASEAN Skills Competition ke-9 nanti seluruh negara ASEAN dapat berpartisipasi untuk berbagai bidang keterampilan yang akan dikompetisikan sesuai dengan kemampuan tiap negara mengingat kompetisi ini sangat penting untuk mengukur kualitas tenaga kerja di masing-masing negara ASEAN.

”Penyelenggaraan ASC juga dapat memotivasi lembaga pendidikan dan pelatihan untuk terus berupaya meningkatkan kualitas dan efektivitas sistem dan metode pelatihannya agar lulusannya dapat mencapai standar ASEAN, sehingga memiliki keunggulan dan daya saing jika disandingkan dengan tenaga kerja dari negara maju, kata Muhaimin.

Keberadaan tenaga kerja yang kompeten, kata Muhaimin akan sangat mendukung efisiensi dan produktivitas di dunia usaha dan industri yang pada gilirannya akan meningkatkan keuntungan bagi dunia usaha dan industri sekaligus meningkatkan kesejahteraan pekerja itu sendiri. Muhaimin mengatakan mengatakan prestasi gemilang kontingen Indonesia yang diraih dalam ajang ASC selama ini merupakan cerminan kualitas sumber daya manusia Indonesia, terutama generasi muda dalam mencapai prestasi terbaik sekaligus mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten dan siap bersaing di masa mendatang.

“Kesuksesan dalam kompetisi keterampilan tingkat ASEAN ini diharapkan menginspirasi dan memberikan motivasi kepada jutaan generasi muda di Indonesia agar mampu memberikan kontribusi peningkatan kualitas pelatihan keterampilan kerja serta peningkatan mutu dan produktivitas tenaga kerja, “ kata Muhaimin.

Dalam ASEAN Skills Competition ke-9 tahun ini telah disepakati akan dilaksanakan kompetisi 22 (duapuluh dua) kejuruan dan 1 (satu) kejuruan ekshibisi. Kedua puluh kejuruan tersebut adalah: automobile technology, mechatronics, IT network system admnistration, IT software solution for business, plumbing and heating, welding, wall and floor tilling, refrigeration and air conditioning, bricklying, joinery, cabinet making, web design, electronics, fashion technology, restaurant services, cooking, mechanical engineering design, graphic design technology, beauty therapy, industrial automation, hair dressing, dan electrical installation.

Pusat Humas Kemnakertrans


No comments:

Post a Comment